Monday, July 15, 2013

APAKAH ASURANSI JIWA ITU?

Asuransi jiwa itu adalah suatu sistem perlindungan dalam bentuk pemindahan risiko Tertanggung kepada Penanggung atas kerugian keuangan yang disebabkan karena 4 musuh utama manusia :

1. Meninggal terlalu cepat
2. Hidup terlalu lama
3. Cacat total dan tetap
4. Penyakit kritis



Penjelasan:
  1. Meninggal terlalu cepat dijadikan musuh utama manusia. Kok bisa? Seorang pencari nafkah di keluarganya memiliki tanggung jawab untuk membiayai atau istilah kasarnya "menghidupi" keluarganya. Dialah satu satunya tulang punggung keluarga engan keproduktifitasnya dalam mencari nafkah. Apakah yang akan terjadi apabila Pencari Nafkah tersebut telah tiada? Akankah Personal Income atau pendapatan di keluarganya akan sama?
  2. Loh kok Hidup terlalu lama jadi musuh utama manusia? Kenapa? Bukannya memiliki Umur panjang adalah impian seluruh manusia? Gampang saja. Hidup di Usia tua tentu saja Produktifitas seseorang akan menurun. Belum lagi ada yang pensiun. Apakah kehidupan di usia tua akan terjamin apabila seseorang belum memiliki rencana akan kehidupan di masa tua nya? Sekarang sedang marak maraknya anak yang tidak menganggap dalam istilah kasarnya "Malu" dengan orang tua mereka yang sudah tua sehingga mereka menjadi tidak peduli dengan kehidupan orang tuanya. Ada yang mengirim orang tua mereka ke Panti Jompo, ada yang di tinggalkan di kampung, dll. Hal tersebut menjadi tidak masalah apabila anda memiliki perencanaan di masa tua. Apabila di masa tua seseorang sudah memiliki perencanaan, tidak masalah apabila seorang anak tidak mau "Mengurusi" kedua orang tuanya. Perencanaan di masa tua juga membuat orang tua tidak ketergantungan dengan anak. Mereka sudah memiliki perencanaan keuangan sendiri
  3. Cacat Total dan Tetap tentu saja menjadi sebuah musuh bagi kehidupan manusia. Seorang yang pekerjaan sudah terjamin, hidup sudah kelas menengah ke atas. Apa yang terjadi apabila dia mengalami cacat total dan tetap (cth: buta, kaki di amputasi, dll.)? Tentu saja dia akan di pecat dari tempat dia bekerja. Produktifitasnya akan menurun dan juga tanggungan kehidupannya semakin besar.
  4. Penyakit Kritis menjadi musuh utama manusia karena sesuai dengan namanya "Penyakit Kritis" yang artinya Penyakit Berbahaya (cth: kakner, jantung koroner, stroke). Apakah kehidupan seseorang akan semakin makmur apabila seorang anggota keluarganya ada yang menderita penyakit kritis? Tentu saja tanggungan keluarga semakin besar karena harus membiayai Perawatan anggota keluarga yang menderita penyakit kritis. Anggota keluarga yang awalnya produktif apabila menderita penyakit kritis bahkan bisa menjadi tidak produktif lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan dan bertambahnya pengeluaran dan tanggungan kehidupan.
Contoh kasus :
Bpk. X adalah seorang kepala keluarga berusia 35 tahun. Beliau bekerja sebagai seorang Manager di perusahaan Z dengan Gaji atau Personal Income sebesar Rp 16.000.000,- per bulan. Ia memiliki tanggungan seorang istri dan 2 orang anak yang masih kecil-kecil. Apa yang akan terjadi pada kehidupan keluarga Bpk. X apabila Bpk. X Meninggal Terlalu Cepat, Cacat Total dan Tetap, dan Menderita Penyakit Kritis? Tentu tanggungan keluarga menjadi sangat besar. Personal Income menjadi berkurang karena Bpk. X sudah tidak produktif lagi + Istri beliau tidak mencari nafkah seperti yang beliau lakukan. Secara tidak langsung Personal Income Keluarga Bpk. X akan berkurang drastis dan Personal Outcome / Pengeluarannya akan meledak. Kehidupan keluarga Bpk. X menjadi kacau bukan? Seluruh anggota keluarga harus mulai bekerja keras membiayai kehidupan mereka apabila Bpk. X telah meninggal dunia dan membiayai tanggungan Bpk. X apabila Bpk. X menderita Cacat Total dan tetap serta Menderita Penyakit Kritis.

No comments:

Post a Comment